Blog Aswin

 
Menyambut Kemerdekaan RI yang ke-66: Refleksi Sejarah Bangsa Indonesia dalam Empat Periode
11. Agustus 2011 - 13:20 | by Aswin Windarto

Pada tanggal 17 Agustus ini, bangsa Indonesia akan memperingati hari kemerdekaannya yang ke 66 tahun. Selama 350 tahun bangsa ini dibawah penjajahan oleh Belanda dan diteruskan oleh Jepang selama 3,5 tahun.

Sedikit kita akan merefleksi perjalanan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam empat periode, yakni: periode kemerdekaan, orde lama, orde baru, dan periode reformasi.

Periode kemerdekaan (1945 – 1949)

selengkapnya


 

 
Sebuah Catatan Kecil tentang China Dari Perjalanan di Guangzhou, Shenzhen dan Sanya tentang Sebuah Ideologi
7. Juni 2011 - 8:58 | by Aswin Windarto

Menjejakan kaki di Guangzhou, P.R.C akan mengingatkan terhadap dua tokoh kharismatik yang pernah menjalankan fase kehidupannya disini. Keduanya pernah bertemu disini. Tokoh tersebut adalah Dr. Sun Yat Sen, sang republikan yang memproklamirkan Republik China Selatan. Seorang lainnya adalah seorang ideologis, ahli revolusi dan lincah dalam berorganisasi, yaitu Tan Malaka dari Indonesia. Kanton dahulunya atau sekarang bernama Quangdong dengan pusat kota Guangzhou menjadi salah satu persinggahan perjalanan Tan Malaka dalam pembuangannya oleh pemerintah Hindia Belanda saat itu.

selengkapnya


 

 
Masih V.O.C Seperti Yang Dulu
17. April 2011 - 18:23 | by Aswin Windarto

Mendengar nama VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) langsung mengingatkan terhadap sosok penjajah Belanda yang menjajah Nusantara selama 350 tahun. Perusahaan Belanda yang didirikan pada tahun 1602 adalah usaha memperlebar mencari sumber-sumber kekayaan di bagian Barat dan Timur India. Pada abad itulah perlahan VOC masuk ke Indonesia menggantikan pendudukan oleh Portugis.

selengkapnya